Pertanyaan-pertanyaan yang Harus Direnungkan oleh Para Penganut Tritunggal/Dwitunggal yang Tulus

Ayat lain yang sering disalahpahami …

“Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada.”

Yohanes 17: 5

Ayat ini sudah seringkali ditafsirkan dengan arti bahwa Yahushua sudah ada sebelumnya dengan Bapa sebelum dunia diciptakan. Tapi bukan itu yang dia katakan. Yahushua, di sini, merujuk pada kemuliaan yang Yahuwah telah tetapkan sebelumnya bagi dirinya sebelum dunia diciptakan (sebelum dia dilahirkan). Petrus menerangkan kemuliaan yang dimaksud ini dengan sangat jelas:

Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat. Ia telah dipilih sebelum dunia dijadikan, tetapi karena kamu baru menyatakan dirinya pada zaman akhir. Oleh dialah kamu percaya kepada Yahuwah, yang telah membangkitkan dia dari antara orang mati dan yang telah memuliakannya, sehingga imanmu dan pengharapanmu tertuju kepada Yahuwah.

1 Petrus 1: 18-21

Kita melihat topik mengenai pra-penetapan ini disampaikan secara teratur di seluruh Perjanjian Baru. Rencana keselamatan Yahuwah telah ditetapkan sebelum dunia dijadikan, tetapi belum dinyatakan sampai kelahiran, kematian, dan kebangkitan anak-Nya, Yahushua sang juruselamat kita.

Sebab di dalam dia Yahuwah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan,
supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya.

Ef. 1: 4

Dialah yang menyelamatkan kita dan memanggil kita dengan panggilan kudus, bukan berdasarkan perbuatan kita, melainkan berdasarkan maksud dan kasih karunia-Nya sendiri, yang telah dikaruniakan kepada kita dalam Kristus Yahushua sebelum permulaan zaman dan yang sekarang dinyatakan oleh kedatangan juruselamat kita Yahushua Kristus, yang oleh Injil telah mematahkan kuasa maut dan mendatangkan hidup yang tidak dapat binasa.

2 Tim. 1: 9-10

Dan berdasarkan pengharapan akan hidup yang kekal yang sebelum permulaan zaman sudah dijanjikan oleh Yahuwah yang tidak berdusta, dan yang pada waktu yang dikehendaki-Nya telah menyatakan firman-Nya dalam pemberitaan Injil yang telah dipercayakan kepadaku sesuai dengan perintah Yahuwah juruselamat kita.

Titus 1: 2-3

Jika anda masih meragukan penjelasan Yohanes 17: 5 ini, Anda hanya perlu membaca doa Yahushua secara keseluruhan.

Setelah berkata, “Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada”, Yahushua melanjutkan doanya dan berkata:

Dan bukan untuk mereka ini saja aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepadaku oleh pemberitaan mereka; supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam aku dan aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus aku. Dan aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepadaku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu.

Yohanes 17: 20-22

Dalam ayat-ayat di atas, Yahushua mengatakan bahwa dia telah memberikan kemuliaan yang dianugerahkan kepadanya dan memberikannya kepada mereka yang bahkan belum dilahirkan – kepada “orang-orang, yang percaya kepadaku [Yahushua] oleh pemberitaan mereka [para murid].” Dia telah memberikan kemuliaannya kepada kita bahkan sebelum kita dilahirkan – tepat seperti yang dilakukan Bapa kepadanya.

Ingat, sekali lagi, bahwa rencana Yahuwah telah ditetapkan jauh sebelum dunia dijadikan. Itulah sebabnya dalam kitab Wahyu dikatakan bahwa Yahushua adalah “Anak Domba yang telah disembelih sebelum dunia dijadikan.” (Wahyu 13: 8)

Lanjutkan membaca….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s