26 Pertanyaan Umum Mengenai Sabat Lunar & Jawabannya

Pertanyaan#9: “Coba jelaskan mengapa pada kalender lunar, anda kadangkala memperoleh delapan atau sembilan hari diantara hari-hari Sabat? hal ini keliru karena hari Sabat selalu muncul setelah tujuh hari!”

Perintah keempat mengatakan bahwa hari Sabat datang sesudah enam hari bekerja:

Sabat Lunar4

Enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu, tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat Yahuwah, Elohimmu.” (Lihat Keluaran 20:9-10)

Tidak pernah ada lebih dari enam hari bekerja setiap minggunya pada kalender yang benar.

“Hari Bulan Baru masih tetap, dan hari Sabat awalnya bergantung pada siklus bulan. . . awalnya Hari Bulan Baru dirayakan sama seperti hari Sabat, secara perlahan ini menjadi kurang penting, dan hari Sabat menjadi sekedar hari agama dan kemanusiaan, untuk meditasi agama dan instruksi, untuk perdamaian dan kegembiaraan jiwa”. (Universal Jewish Encyclopedia, “Holidays”, hal. 410)

Bulan Baru seringkali disejajarkan dengan hari Sabat di dalam Alkitab:

Beginilah firman Adonai Yahuwah: Pintu gerbang pelataran dalam yang menghadap ke sebelah timur haruslah tertutup selama enam hari kerja, tetapi pada hari Sabat supaya dibuka; pada hari bulan baru juga supaya dibuka. [Lihat Yeheskiel 46:1]

Karena semua bulan baru adalah hari beribadah, maka tidak perna ada lebih dari enam hari bekerja sampai pada hari beribadah berikutnya. Pada kalender matahari moderen, bulan baru bahkan tidak diperhatikan, hanya individu tertentu saja yang membuatnya sebagai hari beribadah! Sementara itu, bulan baru, hari beribadah yang membentuk dasar dari penentu-waktu Alkitabiah, akan tetap dipelihara di dunia yang baru sampai selama-lamanya!

Dari satu Bulan Baru kepada Bulan Baru berikutnya, dan dari satu hari Sabat kepada hari Sabat berikutnya, maka seluruh umat manusia akan datang untuk sujud menyembah di hadapan-Ku, firman Yahuwah. [Lihat Yesaya 66:23]

Jika kita akan menyembah Sang Pencipta pada Bulan Baru sampai selama-lamanya, haruskah kita tidak menyembah-Nya pada hari-hari itu sekarang?

Pertanyaan#10: “Hari Sabat lunar begitu sukar dipahami, kebenaran harusnya begitu sederhana sehingga anak kecilpun dapat memahaminya. [Yahuwah] tidak akan membuat ujian iman dari sesuatu yang sukar dipahami, bukankah demikian?”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s