26 Pertanyaan Umum Mengenai Sabat Lunar & Jawabannya

Pertanyaan#6: “Tapi dimana hal yang menjelaskan tentang kalender di dalam Alkitab? Dapatkah anda memberikan saya sebuah ayat, hanya satu ayat, yang menjelaskan bagaimana kalender itu berfungsi!”

Itu keliatan seperti sebuah permintaan yang masuk akal. Tetapi apakah hal itu sesuai dengan Alkitab? Ada sejumlah hal di dalam Alkitab tidak dapat dibuktikan hanya dari sebuah ayat. Lebih lagi, prinsip-prinsip dalam mempelajari Alkitab yang benar ditentukan dalam Firman sebagai:

Karena perintah harus berada di atas perintah, aturan di atas aturan, baris demi baris, ayat demi ayat, sebagian di sini dan sebagian di sana.” [Yesaya 28:10, KJV]

Sabat Lunar3

Murid Alkitab harus bertanya: apakah bukti yang berbobot? Ketika semua ayat dikumpulkan bersama untuk topik tersebut, apakah kesimpulan dari itu?

Adalah tidak mungkin untuk membuktikan bahwa hari Sabtu adalah hari Sabat di dalam Alkitab. Bukti yang kuat dengan jelas mendukung hari Sabat dihitung dari Bulan Baru, hari Sabat lunar.

Tidak ada satupun ayat dalam Alkitab menjelaskan bentuk kalender lunisolar karena hal itu merupakan pengetahuan umum! Semua bangsa awalnya menggunakan kalender lunisolar.

Sebuah anggapan umum dibuat banyak orang yaitu siklus mingguan kalender Julian pada abad pertama sebelum dan sesudah masehi adalah identik dengan siklus mingguan moderen. Di mulai pada hari Minggu, dan berakhir pada hari Sabtu. Bukti sejarah dan arkeologi menetapkan tanpa keraguan bahwa siklus mingguan awal kalender Julian adalah delapan hari dalam seminggu. Ketika siklus mingguan kafir akhirnya diterima pada abad-abad awal sesudah masehi, siklus ini dimulai pada hari Saturn [Sabtu] dan diakhiri pada hari Venus, atau moderennya disebut hari Jumat.

Kemungkinan menemukan penjelasan atas kalender Julian diantara tulisan-tulisan gereja nenek moyang mula-mula adalah sedemikian mustahil. Sebagaimana para penulis Alkitab menganggap bahwa para pembaca Alkitab mengetahui kalender lunisolar, begitupun dengan orang Kristen kafir menganggap bahwa para pembacanya mengetahui kalender Julian karena kalender itulah yang digunakan saat itu.

Pertanyaan#7: “Jika orang Yahudi pada masa Kristus memelihara hari Sabat yang salah, Dia pasti sudah memperbaikinya. Oleh karena Dia tidak melakukannya, kita dengan aman menganggap bahwa mereka telah memelihara hari Sabat yang benar. Apa tanggapan anda pada fakta ini?”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s