26 Pertanyaan Umum Mengenai Sabat Lunar & Jawabannya

Pertanyaan#5: “Yohanes 7-9 membuktikan kadang-kadang hari Sabat mingguan jatuh selain dari tanggal 8, 15, 22, atau 29. Dalam bagian ini hari Sabat jatuh pada tanggal 23 sesudah hari terakhir hari raya pondok daun pada tanggal 22! Bagaimana anda menjelaskan hal ini?”

Kitab Yohanes pasal 7 sampai pasal 9 adalah satu dari banyak bukti yang menguatkan hari Sabat lunar. Ia dengan jelas menghubungkan Sabat hari ketujuh dengan tanggal 22 dari bulan yang ketujuh. Kisah ini berawal dari sebuah pernyataan yang dibuat Yahushua pada hari keenam minggu itu:

Dan pada hari terakhir, yaitu pada puncak perayaan itu, Yahushua berdiri dan berseru: “Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum! (Lihat Yohanes 7: 37)

Hari raya yang dimaksud di sini adalah hari raya pondok daun karena pada ayat dua dari Yohanes pasal 7 menyatakan:

Ketika itu sudah dekat hari raya orang Yahudi, yaitu hari raya Pondok Daun. (Yohanes 7:2)

Hari raya pondok daun adalah sebuah perayaan yang berlangsung selama tujuh hari, yang langsung diikuti oleh Sabat hari ketujuh, di mana dalam Imamat 23 disebut sebagai “pertemuan kudus”.

Katakanlah kepada orang Israel, begini: Pada hari yang kelima belas bulan yang ketujuh itu ada hari raya Pondok Daun bagi Yahuwah tujuh hari lamanya. Tujuh hari lamanya kamu harus mempersembahkan korban api-apian kepada Yahuwah, dan pada hari yang kedelapan kamu harus mengadakan pertemuan kudus dan mempersembahkan korban api-apian kepada Yahuwah. Itulah hari raya perkumpulan, janganlah kamu melakukan sesuatu pekerjaan berat“. (Imamat 23: 34, 36)

Hari raya Pondok Daun selalu dimulai pada hari kelimabelas dari bulan yang ketujuh, atau hari kelimabelas setelah hari bulan baru. Hari raya itu berlangsung tujuh hari lamanya, berakhir pada tanggal 21 bulan itu. Maka esok harinya adalah Sabat hari ketujuh.

Sabat Lunar2

Kitab Yohanes pasal 7 sampai pasal 9 mendukung ini. Alkitab mengatakan bahwa Yahushua berdiri dan berseru “pada hari terakhir, hari besar dari perayaan itu”. Hari terakhir dari perayaan itu adalah tanggal 21. Sesudah Yahushua berbicara kepada orang banyak:

Lalu mereka pulang, masing-masing ke rumahnya, tetapi Yahushua pergi ke bukit Zaitun. Pagi-pagi benar Ia berada lagi di Bait Yahuwah, dan seluruh rakyat datang kepada-Nya. Ia duduk dan mengajar mereka. (Lihat Yohanes 8:1-2)

Sang Juruselamat menghabiskan malam itu di bukit Zaitun, subuh pada pagi berikutnya, pada hari Sabat, Dia kembali ke rumah ibadah. Pada kesempatan inilah orang Yahudi berusaha melempari-Nya dengan batu karena penghujatan. Namun:

Yahushua menghilang dan meninggalkan Bait Yahuwah. Waktu Yahushua sedang lewat, Ia melihat seorang yang buta sejak lahirnya. (Lihat Yohanes 8: 59, 9:1)

Hati Sang Juruselamat yang penuh kasih tidak dapat berpaling untuk tidak menolong jiwa yang membutuhkan ini.

Setelah Ia mengatakan semuanya itu, Ia meludah ke tanah, dan mengaduk ludahnya itu dengan tanah, lalu mengoleskannya pada mata orang buta tadi . . .  Adapun hari waktu Yahushua mengaduk tanah dan memelekkan mata orang itu, adalah hari Sabat. (Lihat Yohanes 9: 6,14)

Sejumlah orang beranggapan bahwa hari Sabat ini mestinya jatuh pada tanggal 23 dari bulan ketujuh. Namun anggapan yang salah ini berdasar pada ketidaktepatan pengertian dari “hari terakhir, hari besar itu” dari hari raya Pondok Daun. Sebagaimana dijelaskan dalam Imamat 23, hari terakhir dari hari raya Pondok Daun adalah tanggal 21 dari bulan yang ketujuh, karena perayaan itu hanya tujuh hari yang dimulai pada tanggal 15, suatu hari Sabat mingguan. Jauh dari membantah hari Sabat lunar, Yohanes 7 sampai 9 justru mendukungnya!.

Pertanyaan#6: “Tapi dimana hal yang menjelaskan tentang kalender di dalam Alkitab? Dapatkah anda memberikan saya sebuah ayat, hanya satu ayat, yang menjelaskan bagaimana kalender itu berfungsi!”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s