26 Pertanyaan Umum Mengenai Sabat Lunar & Jawabannya

Pertanyaan#24: “Cornelius Tacitus, sejarahwan dan senator Roma, memastikan bahwa orang Yahudi memelihari Sabat Sabtu. Fakta bahwa kekafiran menghubungkan pemeliharaan Sabat dengan Saturnus membuktikan bahwa ”hari Saturnus” orang Roma memiliki hari yang sama dengan ”hari Sabat” Alkitab! Bagaimana menurut anda?”.

Kitab Suci sendiri menunjukkan bahwa orang Israel menyembah Saturnus. Saturnus adalah salah satu dewa planet.

Berdoa kepada planet pada hari yang mereka hormati adalah bagian dari penyembahan terhadap benda-benda langit (Robert L. Odom, Sunday in Roman Paganism, hal. 158.)

Hari Sabtu adalah ”hari dewa Saturnus” kemungkinan ini terjadi ketika orang Israel sedang menyembah dewa planet ini, dan mereka melakukannya pada harinya: Hari Sabtu. Namun, tindakan penyembahan seperti ini selalu terjadi ketika orang Israel telah dalam kemurtadtan yang kotor dan pembangkangan melawan Sorga.

Penunjuk pertama dari kemurtadtan orang Israel atas Saturnus ditemukan dalam keluaran 32, kemurtadtan di Sinai dengan lembu emas. Ketika lembu sudah dibuat, mereka berkata:

O Israel, inilah dewamu, yang membawa kamu keluar dari tanah Mesir“. (Keluaran 32:4, KJV)

apis-golden-calf

Lembu emas ini adalah lambang dari Saturnus.

Keilahian Osiris yang paling disukai oleh orang Mesir secara umum digambarkan dalam bentuk seekor kerbau atau lembu muda –lembu Apis- berdasarkan bentuk inilah lembu emas Israel dibuat. Inilah alasan mengapa lembu tidak boleh secara umum ditampilkan sebagai lambang yang menggambarkan dewa, karena lembu ini menggambarkan sifat keilahian Saturnus, ”Yang TERSEMBUNYI”, ”Apis” adalah nama lain dari Saturnus. (Alexander Hislop, The Two Babylons,hal. 45)

Ribuan tahun kemudian, ketika kerajaan Israel telah terpecah antara 10 suku diutara dan dua suku diselatan, raja pertama dari kerajaan Israel  utara, Yerobeam, menetapkan ulang penyembahan terhadap Saturnus.

Dan Yeroboam berkata dalam hatinya, sekarang mungkin kerajaan akan kembali kepada keluarga Daud: Jika umat ini pergi mempersembahkan persembahan ke bait Yahuwah di Yerusalem, maka hati umat ini akan kembali kepada tuan mereka, yaitu Rehoboam raja Yahuda, dan mereka akan membunuhku, dan berbalik kepada Rehoboam raja Yahuda.

Setelah dia menimbang-nimbang, dia membuat dua lembu emas, dan berkata kepada mereka, sudah cukup kamu pergi ke Yerusalem: Hai Israel, lihat inilah dewa-dewamu, yang telah membawah kamu keluar dari tanah Mesir.

Dia meletakkan satu di Bethel, dan satu diletakkan di Dan. Hal ini menjadi dosa: karena umat itu pergi menyembah ke Betel dan juga ke Dan. (Lihat 1 Raja-raja 12:26-30).

Dalam pengampunan, Yahuwah mengirim nabi Amos untuk membangun orang Israel dari bahaya kemurtadtan ini. Pesan yang dikirim Yahuwah kepada Amos mengatakan:

Apakah kamu mempersembahkan kepada-Ku korban persembahan dan korban sembelihan di padang gurun itu, hai kaum Israel? Tetapi kamu akan mengangkut rumah Molokhmu dan Chiun patungmu, bintang dari dewamu, yang kamu telah buat bagi dirimu sendiri. (Amos 5:25,26, KJV)

Berdasarkan konkordansi baru Alkitab kata ’Chiun’ adalah:

”Sebuah nama lain dari dewa Saturnus.” (The New Strong’s Exhaustive Concordance of the Bible, halaman 194)

Selengkapnya tentang banyaknya kemurtadtan orang Israel, seperti yang dituliskan dalam Kitab Suci, mengungkap – penyembahan terhadap lambang Saturnus banyak dilakukan dalam pemberontakan agama mereka.

Hari dimana seseorang beribadah memuliahkan dewa pada hari itu! Saturnus adalah dewa dari hari Sabtu.

Yahuwah, Sang Pencipta, harus disembah pada hari Sabat kudus-Nya, yang ditentukan dengan kalender Luni-solar-Nya. Beribadah [ada hari yang lain, yang ditentukan dengan kalender yang lain, memberikan penghormatan kepada dewa lain selain Sang Pencipta.

Pertanyaan#25: ”Berbagai sejarahwan kuno, dari Cassius Dio sampai Frontinus dan yang lain, dengan jelas menyatakan bahwa orang Yahudi menolak berperang pada ”hari Saturnus.” Bahkan pemusnahan Yerusalem pada tahun 70 M berlangsung pada ”hari Saturnus”. Sangat jelas, ini adalah Sabat-hari ketujuh. Apa anda tidak tahu akan hal ini?”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s