26 Pertanyaan Umum Mengenai Sabat Lunar & Jawabannya

Pertanyaan#13: “Hari Bulan Baru bukanlah merupakan hari Sabat karena Alkitab memberikan beberapa contoh dari orang-orang yang melakukan perjalanan atau pekerjaan pada Hari Bulan Baru! Bagaimana tanggapan anda?”

Adalah benar bahwa Alkitab memberikan contoh-contoh dari orang-orang yang melakukan perjalanan atau pembangunan bait suci pada hari Bulan Baru. Hal ini karena hari Bulan Baru bukanlah Sabat hari ketujuh. Beberapa jenis pelarangan untuk tidak melakukan perjalanan dan memasak pada Sabat hari ketujuh tidak berlaku di hari Bulan Baru.

Namun, hari Bulan Baru adalah hari beribadah. Itu adalah waktu perkumpulan keluarga. Waktu untuk bergembira dan mengucap syukur untuk semua berkat-berkat pada bulan yang lalu dan membaharui komitmen ketaatan untuk bulan yang akan datang. Hari Bulan baru dengan sendirinya masuk ke dalam kelompok hari ibadah.

Hal ini ditunjukkan dalam catatan jumlah korban bakaran yang dibutuhkan yang terdaftar dalam Ulangan pasal 28 dan 29.

Hari-hari yang jumlah korban bakarannya paling sedikit adalah hari kerja biasa. Sabat hari ketujuh membutuhkan lebih banyak korban bakaran melebihi hari kerja biasa. Hari Bulan Baru memiliki kebutuhan korban bakaran yang jauh lebih banyak lagi dari Sabat-hari ketujuh. Hanya hari raya tahunan yang membutuhkan lebih banyak korban bakaran dari pada hari Bulan Baru.

Kitab Suci menyatakan hari Bulan Baru sebagai hari beribadah di masa depan dalam kekekalan:

Dan akan datang waktunya, dari satu hari Bulan Baru ke hari Bulan Baru berikutnya, dan dari satu hari Sabat ke hari Sabat berikutnya, semua mahkluk akan datang menyembah-Ku, firman Yahuwah. [Lihat Yesaya 66:23]

Semua orang yang rindu untuk beribadah kepada Sang Pencipta akan melakukannya pada waktu-waktu yang sudah Dia tetapkan: waktu mingguan, bulanan dan tahunan yang telah dirancang untuk peribadatan.

Pertanyaan#14: “Tidakkah anda tahu bahwa ide mengenai hari Sabat lunar ini bertentangan dengan dirinya sendiri? Jika teori ini benar, itu berarti bahwa Keluaran akan terjadi dalam hari Sabat lunar, ini melanggar Sabat!”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s