26 Pertanyaan Umum Mengenai Sabat Lunar & Jawabannya

Pertanyaan#12: “Pada kalender lunar, Hari Sabat mengambang pada setiap bulan. Hari Sabat mingguan jatuh pada hari-hari yang berbeda setiap minggu. Kadang-kadang itu ada di hari Senin, dan pada bulan depan berubah ke hari Rabu dan setelah itu ke hari Kamis. Tidak perna konsisten, Mengapa demikian?”

Perbedaan paling mencolok antara Kalender Masehi dan kalender Alkitab terletak pada siklus mingguannya. Kalender Masehi sama seperti pendahulunya kalender Julian memiliki siklus minggu yang bersambung terus menerus. Tetapi kalender Alkitab sama seperti kalender-kalender kuno yang lain tidak seperti itu.

Hanya perbedaan dalam siklus mingguan ini yang membuat hari Sabat lunar nampak mengambang dari bulan ke bulan dalam Kalender Masehi.

Kalender Alkitab sangat stabil. Karena siklus mingguan dari kalender Alkitab dimulai baru setiap hari bulan baru, tanggal-tanggal dalam setiap bulan selalu jatuh pada hari yang sama setiap minggunya.

Ini tidak terjadi dalam kalender matahari/masehi. Sabat hari ketujuh mengambang dari tanggal ke tanggal pada setiap bulannya sepanjang tahun.

Bukannya mengambang, Hari Sabat Alkitab yang sejati sangat konsisten dan selalu jatuh pada tanggal 8, 15, 22, dan 29 dalam bulanan bulan.

kalender alkitab kalender lunisolar

Pertanyaan#13: “Hari Bulan Baru bukanlah merupakan hari Sabat karena Alkitab memberikan beberapa contoh dari orang-orang yang melakukan perjalanan atau pekerjaan pada Hari Bulan Baru! Bagaimana tanggapan anda?”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s