26 Pertanyaan Umum Mengenai Sabat Lunar & Jawabannya

Pertanyaan#11: “Para Pemelihara Sabat Lunar tidak menghitung beberapa hari dalam setiap minggu. Kalender mereka penuh hari-kosong! Apa penjelasan anda?”

Tidak ada hal yang disebut sebagai “hari kosong”. Semua waktu harus diperhitungkan dan kalender lunisolar Alkitab tidak meninggalkan waktu sedikitpun. Kalender Solar [matahari] dan kalender lunisolar [bulan-matahari] keduanya menggunakan pergerakan matahari untuk menghitung tahun. Karena satu tahun matahari adalah 365,25 hari panjangnya, waktu tambahan diperhitungkan pada Kalender Masehi dengan menambahkan kedalamnya satu hari kabisat. “hari kabisat” itu adalah hari ke 29 pada bulan Februari dan terjadi setiap empat tahun.

Pada kalender matahari, panjangnya bulan-bulan berlangsung terus dan tidak terhubung dengan apapun di alam. Tetapi kalender lunisolar yang Alkitabiah, dipihak lain, menggantungkan bulanannya pada siklus bulan dilangit. Sebuah bulanan, seperti tahun matahari, tidak terdiri dari angka bulat dan berisi 29,5 hari. Karena itu, beberapa bulan memiliki 29 hari dan bulan lain memiliki 30 hari.

Bulanan yang terdiri dari 30 hari, hari ke 30-nya adalah sebuah hari “translasi”. Ini adalah istilah astronomi dan mengacu pada sebuah periode waktu. Ketika bulan di langit tidak dapat dilihat, sebelum siklus bulanan yang baru dimulai. Hari translasi itu muncul diantara hari Sabat terakhir diakhir bulan dan hari bulan baru pada bulan berikutnya. Ini bukanlah bagian dari sebuah minggu tetapi ini juga BUKAN sebuah hari “kosong”. Ini adalah sebuah tanggal dalam siklus bulanan.

Pertanyaan#12: “Pada kalender lunar, Hari Sabat mengambang pada setiap bulan. Hari Sabat mingguan jatuh pada hari-hari yang berbeda setiap minggu. Kadang-kadang itu ada di hari Senin, dan pada bulan depan berubah ke hari Rabu dan setelah itu ke hari Kamis. Tidak perna konsisten, Mengapa demikian?”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s