Israel dan Yahudi Sejati

Firman Yahuwah berlaku buat semua umat-Nya dalam segala zaman di seluruh dunia, namun masih banyak orang yang dilanda kebingungan dan keraguan akan peruntukan setiap ayat di dalam Alkitab, tidak sedikit yang akhirnya memilih-milih bagian Alkitab mana yang harus dibaca dan yang tidak perlu dibaca.

Sekalipun sebagian besar ayat nampaknya diperuntukkan kepada orang-orang Israel atau orang-orang Yahudi di masa lalu namun itu bukan berarti bahwa tulisan-tulisan dalam Kitab Suci hanya bagi mereka, karena sesungguhnya bagi Eloah semesta alam, Israel sejati dan Yahudi sejati tidaklah dilihat secara jasmani berdasarkan garis keturunan melainkan melalui garis perjanjian.

Banyak orang-orang Yahudi dan orang-orang Israel asli yang bukan Israel dan Yahudi sejati, dan banyak dari golongan bangsa-bangsa lain yang secara jasmani bukan orang Israel dan bukan orang Yahudi namun merupakan warga negara Israel sejati dan terhitung sebagai bagian dari orang-orang Yahudi sejati.

Ya, secara jelas Kitab Suci mengungkapkan bahwa Israel yang dari Yahuwah itulah yang sejati! Dan semua orang yang termasuk dalam Israel yang sejati ini akan diselamatkan, tidak ada satupun yang akan terhilang.

Lalu siapakah orang Israel dan orang Yahudi sejati itu? Bagaimana kita dapat mengenali mereka? Mereka semua yang ada di dalam KRISTUS!

Sebab di dalam KRISTUS bersunat dan tidak bersunat tidaklah penting, yang penting adalah menjadi ciptaan baru. Dan semua orang yang hidup dalam aturan ini, turunlah kiranya damai sejahtera dan rahmat atas mereka dan atas Israel milik Yahuwah.
Galatia 6:15,16, KJV.

Israel sejati dan Yahudi sejati adalah mereka yang menerima rencana keselamatan Yahuwah melalui Yahushua, hal ini tidak dilihat dari garis keturunan secara jasmani melainkan melalui kelahiran kembali di dalam roh. Yahushua dengan jelas berkata bahwa jika seseorang tidak dilahirkan kembali melalui air dan roh maka dia tidak akan masuk ke dalam kerajaan Sorga.

Sebab yang disebut Yahudi bukanlah yang lahiriah Yahudi, dan yang disebut sunat, adalah bukan sunat yang dilangsungkan secara lahiriah. Tetapi Yahudi sejati ialah dia yang tidak nampak keyahudiannya dan sunat ialah sunat di dalam hati, secara rohani dan bukan secara hurufiah.
Roma 2:28,29

Tanpa terang Firman Yahuwah, kebanyakan orang percaya berfikir bahwa peraturan dan hukum Yahuwah yang ada di dalam perjanjian lama hanya buat orang-orang Yahudi lahiriah, atau setidaknya berfikir bahwa segala sesuatu yang ada di dalam perjanjian lama telah diselesaikan oleh Yahushua di kayu salib sehingga tidak perlu dilakukan lagi.

Adapula orang Kristen yang dengan terang-terangan mengatakan bahwa sekarang kita telah hidup dalam perjanjian baru, di bawah kasih karunia Kristus sehingga hukum Yahuwah, yang Sepuluh Firman Yahuwah itu tidak perlu lagi. Namun semua hal itu hanyalah asumsi yang salah, semua pemahaman ini adalah sebuah doktrin sesat yang telah dipercaya dan dikerjakan turun-temurun selama berabad-abad, karena Sang Pencipta sendiri berkata:

Satu hukum saja akan berlaku untuk orang asli
dan untuk orang asing yang menetap di tengah-tengah kamu.
[Keluaran 12:49]

Sebab tidak ada perbedaan antara orang Yahudi dan orang Yunani kerena Yahuwah yang satu itu adalah Yahuwah dari semua orang [Roma 10:12]. Dalam hal ini tidak ada orang Yahudi atau orang Yunani, tidak ada hamba atau orang merdeka, tidak ada laki-laki atau perempuan, karena kamu semua adalah satu di dalam Yahushua [Galatia 3:28].

Dengan demikian kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Yahuwah [Efesus 2:19], sebab Yahuwah tidak memandang bulu [Roma 2:11].

Iklan

2 thoughts on “Israel dan Yahudi Sejati”

  1. Aduh aduh aduh, sakitnya hati ini. Bapa yang kita agungkan itu ternyata pilih kasih. Seperti manusia saja. Lho kok?. Orang yang lahir sebelum Jesus dan yang hidup tidak mengenal Jesus, misal hidup di tempat terasing tidak mengenal Jesus atau yang lahir di dalam keluarga non Kristen misal keluarga muslim tidak pernah diakui. Memangnya salah ibu mengandung ?Memangnya kita menjadi Kristen itu pilihan kita ?. Yakin ?. Bila anda lahir di suku yang berada di hutan, apakah anda akan mendaki gunung dan menjeberangi lautan untuk menjadi Kristen.

    1. Bapa Yahuwah yang mengetahui segala sesuatu dari sejak semua adalah adil dan benar dalam segala jalan-Nya. Di dalam hati semua orang telah tertulis hukum-Nya yang akan menuntun orang itu pada segala kebenaran-Nya, dimanapun Roh-Nya bekerja untuk menuntun orang-orang yang mendengar bisikan-Nya, suku, agama, wilayah geografis tidak akan menghalangi Dia untuk bekerja dan menuntun orang-orang datang kepada-Nya. Disetiap tempat Dia punya saksi-saksi yang akan mengesankan pikiran setiap manusia di manapun mereka berada akan keberadaan-Nya. Alam-Nya sendiri menyatakan kemuliaan-Nya bagi para pemilik hati yang mau tunduk pada-Nya. Hingga akhirnya pada hari penghakiman semua lidah akan mengaku bahwa Dia adil dalam segala jalan-Nya dan tidak terdapat kecurangan pada-Nya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s