Sejarah Kalender Masehi

Melandaskan tindakan atas dasar “sebuah asumsi” atau “sebuah perkiraan” adalah bahaya besar! Latar belakang pekerjaan saya adalah bidang teknik sehingga saya sangat mengerti hal ini. Jika saya  menentukan letak sebuah gangguan pada sebuah sistem peralatan hanya berdasarkan sebuah asumsimaka tindakan saya dapat semakin merusak peralatan itu. Hal ini mirip dengan praktek kerja para dokter, jika mereka salah mendiagnosa sebuah penyakit pada seorang pasien karena hanya berasumsi berdasarkan apa yang nampak tanpa melakukan pemeriksaan yang lebih detil maka mereka akan melakukan malapraktek. Jadi sekali lagi asumsi adalah sebuah bahaya besar. Lebih bahaya lagi jika hal ini dilakukan dalam bidang agama/kepercayaan. Karena jika sebuah keyakinan teologis didasarkanpada sebuah asumsi yang salah maka praktek dari keagamaan itu akan menjadi sebuah kesalahan besar.

Dalam dunia kekristenan asumsi yang sudah dipercayai secara umum oleh banyak orang adalah bahwa hari Sabat yang alkitabiah itu adalah hari Sabtu dan bahwa hari Minggu adalah hari di mana Yahushua bangkit dari kubur. Sehingga berdasarkan asumsi ini maka orang-orang Adven beribadah pada hari Sabtu untuk menguduskan hari Sabat dan orang-orang Katholik dan Protestan beribadah pada hari Minggu sebagai hari kemenangan Yahushua atas maut. Kedua asumsi ini sendiri didasarkan lagi pada sebuah asumsi lain bahwa siklus mingguan kalender itu berlangsung terus menerus tanpa terputus sejak hari penciptaan langit dan bumi. Namun sayangnya berdasarkan fakta sejarah kalender Masehi kedua asumsi yang telah dipercayai dan dipraktekkan selama berabad-abad ini terbukti salah!

Kalender Masehi adalah sebuah kalender yang sebelumnya bernama kalender Julian (diberi nama berdasarkan nama kaisar Roma pada waktu itu) yang dibuat 45 tahun sebelum masehi. Berdasarkan batu-batu prasasti yang masih ada sampai hari ini dapat dilihat dengan jelas bahwa hari-hari setiap minggu dalam kalender ini adalah terdiri dari “delapan hari”. Hari-hari ditandai dari huruf A sampai huruf H.

sejarah-kalender-masehi-2
                  Prasasti kalender Roma kuno

Gambar di atas adalah gambar dari prasasti batu bernama Fasti Antiates Maiores, ini adalah gambar asli dari prasasti batu yang masih ada sampai hari ini dan gambar di bawah ini adalah hasil rekonstruksi dari batu itu, untuk penjelasan detail mengenai kode huruf silahkan pelajari di wikipedia).

Dalam prasasti ini nampak jelas bahwa cikal bakal kalender masehi ini ternyata memiliki 8 hari dalam satu minggu dan juga memiliki tiga belas bulan dalam satu tahunnya (bulan terakhir adalah bulan interklasi). Prasasti  batu ini memuat kalender dari tahun 65 SM sampai dengan tahun 37 M. inilah kalender yang digunakan oleh kekaisaran Roma selama masa Yahushua ada di bumi.

Seiring dengan ekspansi kekaisaran Roma yang semakin meluas hingga ke tanah Persia (Iran moderen) kalender Roma ini pun kemudian mengadopsi sistem yang digunakan di Persia di mana satu minggu terdiri dari tujuh hari saja, dan nama-nama hari dalam penanggalan baru ini dinamai dengan nama-nama dewa dilangit. Hari pertama dalam kalender ini adalah Saturn-day (hari dewa saturnus – dewa pertanian – hari Sabtu), hari kedua adalah sun’s day (hari dewa matahari-hari yang dikhususkan untuk libur demi menghormati dewa matahari – hari Minggu) dan hari ketujuh dalam kalender ini adalah venus-day (hari dewa venus – hari Jumat).

Kalender ini terus mengalami modifikasi hingga sekarang kita memakai kalender ini dengan nama kalender Masehi. Kalender ini terakhir dimodifikasi pada tahun 1582 oleh Paus Gregorius VIII, oleh karena itu kalender Masehi ini juga biasa disebut kalender Gregorian.

Dari fakta sejarah ini, kita dapat mengetahui bahwa hari Minggu tidak mungkin menjadi hari di mana Yahushua bangkit karena hari Minggu sendiri “belum muncul” dalam penanggalan Roma di zaman Yahushua ada di bumi. Dan juga bahwa hari Sabtu tidak mungkin menjadi hari Sabat yang alkitabiah karena di dalam kalender Roma yang pertama hari Sabtu adalah hari pertama dan bukan  hari ketujuh di suatu minggu!

Fakta-fakta ini juga memberikan kita penjelasan yang pasti bahwa Hari Sabat yang alkitabiah dan hari pertama di suatu minggu yang alkitabiah tidak mungkin dapat ditemukan dengan menggunakan kalender moderen buatan manusia.

Karena hari beribadah adalah hari yang sangat penting bagi Yahuwah dan secara otomatis juga penting bagi orang percaya kepada Dia, maka kita perlu menggunakan kalender Alkitab untuk menentukan hari-hari ibadah sesuai dengan ketetapan Yahuwah.

Kalender alkitab adalah kalender lunisolar berdasarkan kitab Kej. 1:14, itulah kalender yang telah ditetapkan oleh Yahuwah sendiri untuk menentukan hari-hari ibadah.

kalender alkitab kalender lunisolar
Kalender Alkitab adalah kalender Lunisolar

Ada dua jenis kalender yang digunakan di tanah Israel di zaman Yahushua ada di bumi:

  1. Kalender kekaisaran Roma, yaitu kalender yang memiliki 8 hari dalam satu minggu dengan siklus mingguan yang tidak perna berhenti.
  2. Kalender Alkitab, yaitu kalender lunisolar orang Ibrani yang memiliki tujuh hari dalam satu minggu yang tiap bulannya dimulai dengan “hari bulan baru”.

Menurut pendapat anda, dari dua jenis kalender ini, kalender mana yang dipakai oleh Yahushua?

Hari di mana kita beribadah ditentukan oleh jenis kalender yang kita pakai, dan hari di mana kita beribadah mengungkapkan siapa yang kita sembah!

Yahushua sendiri berkata: Aku adalah Tuan atas hari Sabat!

Selama hidup di dunia Yahushua taat melakukan semua perintah-perintah Bapa Yahuwah yang dengan jelas telah berfirman: hari-hari Sabat-KU harus kamu pelihara, sebab itulah peringatan antara Aku dan kamu, turun-temurun, sehingga kamu mengetahui, bahwa Aku-lah Yahuwah, yang menguduskan kamu.

Jadi jika anda termasuk orang yang percaya kepada Yahushua maka sudah menjadi kewajiban anda untuk beribadah pada hari Sabat yang sesuai dengan kalender lunisolar alkitab bukan di hari Sabtu dan bukan pula di hari Minggu!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s