Kalender Alkitab adalah Kalender Lunisolar

Kalender Alkitab adalah Kalender Lunisolar karena itu Sabat Alkitab adalah Sabat Lunar dan bukan Sabat Sabtu. Untuk menguduskan hari sabat yang sesuai dengan tuntutan Bapa di Surga kita harus mengetahui kalender Lunisolar. Melalui halaman artikel ini, anda dapat menemukan bulanan kalender Lunisolar sepanjang tahun, sehingga anda dapat mengetahui dengan pasti kapan Hari Bulan Baru, Hari Sabat dan hari-hari raya tahunan lain jatuh pada tanggal-tanggal kalender Masehi. Silahkan pelajari cara menyusun kalender Lunisolar berikut ini.

image

Untuk menyusun kalender Alkitab atau kalender Lunisolar sangatlah mudah, kita hanya perlu memperhatikan bulan dan matahari.

Yahuwah menetapkan bulan untuk menentukan jenis-jenis hari dalam satu minggu dan untuk menentukan jumlah hari dalam sebuah bulan, sedangkan matahari ditetapkan Yahuwah untuk menentukan jenis-jenis musim dan menentukan panjangnya sebuah tahun.

Menurut Alkitab ada 3 jenis hari yang berpatokan pada posisi bulan dilangit:

  1. hari kerja yang berlangsung selama 6 hari,
  2. hari Sabat atau hari ke-7 pada setiap minggu dan
  3. hari bulan baru, yaitu hari pertama pada setiap bulan atau tanggal 1

image

Mengamati bulan juga adalah sangat gampang, kita hanya perlu mengetahui kapan sebuah bulan berada pada fase bulan mati (dalam istilah astronomi disebut konjungsi) sebagai batas akhir sebuah bulan berjalan, fajar pertama setelah bulan mengalami konjungsi itulah “hari bulan baru”.

image

Menghitung waktu konjungsi dapat dilakukan secara manual untuk mengetahui jatuhnya bulan baru, namun syukur kepada Bapa yang Mahakasih karena pada zaman ini Yahuwah telah menganugerahkan teknologi canggih kepada manusia untuk mengukur dan melihat pergerakan bulan dan matahari dilangit.

image

Dan karena pergerakan bulan dan matahari mengikuti pola yang teratur dan konstan pada jalurnya maka manusia dapat melakukan perhitungan waktu, baik untuk mengetahui waktu di masa lalu maupun untuk mengetahui waktu di masa datang, bahkan seandainya jika bumi ini masih akan berumur seribu tahun lagi maka kita tetap dapat mengetahui kapan bulan akan mengalami konjungsi pada tahun 3016!

data konjungsi 2016

Jumlah hari yang diperlukan untuk siklus lengkap bulan tidak sama dengan jumlah hari yang diperlukan untuk siklus lengkap matahari. Satu tahun “matahari” adalah 365,24 hari panjangnya. Sebuah tahun “bulan” adalah 354,37 hari panjangnya. Perbedaan panjang antara tahun matahari dan bulan membutuhkan interkalasi: satu hari ekstra untuk kalender “matahari” dan tambahan satu bulan untuk kalender Lunisolar (kalender Alkitab). Penambahan hari atau bulan ini dilakukan untuk memastikan bulan-bulan jatuh pada musim yang tepat.

Semua jenis kalender yang perna ada dan digunakan pasti akan selalu membutuhkan waktu interklasi.

Kalender matahari moderen yang digunakan oleh  dunia zaman sekarang, yang lebih dikenal dengan nama kalender masehi, adalah kalender yang baru sekitar 60 tahun belakangan ini digunakan oleh seluruh dunia sebagai kalender umum, sebelumnya negara-negara tertentu menggunakan kalender yang berbeda, seperti kalender Cina, kalender Rusia, Kalender Perancis, dll. Kalender Masehi melakukan penambahan hari setiap empat tahun pada bulan Februari menjadi 29 hari yang biasanya hanya terdiri dari 28 hari, tahun di mana penambahan ini dilakukan bernama tahun Kabisat.

Kalender Alkitab adalah kalender bulan yang terikat dengan tahun matahari, jadi setiap dua atau tiga tahun harus diberi tambahan satu bulan (bulan ketiga belas) di akhir tahun yang bersangkutan, hal ini dilakukan agar bulan-bulan berjalan tetap sesuai dengan musim-musim setiap tahun, tahun penambahan bulan ketiga belas ini disebut tahun Embolismik.

image

Di dunia moderen ini, ilmu astronomi telah menemukan siklus unik yang terjadi setiap 19 tahun. Setiap 19 tahun posisi bulan, dan matahari kembali pada titik semula, hal ini menyebabkan periode-periode perpanjangan musim dapat ditebak, dan tahun-tahun Embolismik terbentuk unik dan konstan dalam siklus 19 tahunan.

image

Setiap 19 tahun terjadi 7 kali tahun Embolismik dengan pola yang unik; tidak akan perna ada tahun Embolismik yang berturutan dan tidak akan pernah ada lebih dari dua tahun biasa sebelum tahun Embolismik tiba. Ditemukannya siklus 19 tahunan ini membuat orang-orang yang berdomisili pada daerah yang tidak memiliki empat musim dapat menentukan kapan sebuah tahun dimulai dengan akurat.

siklus metonik 2011-2029

Kalender Sang Pencipta sungguh suatu kalender yang dirancang dengan hikmat yang luar biasa, distabilkan dengan musim-musim setiap tahun dan dapat senantiasa di cek kebenarannya melalui penampakan bulan setiap malam.

Klik di sini untuk melihat Kalender Alkitab periode 10 Maret 2016 – 28 Maret 2017

Iklan

6 respons untuk ‘Kalender Alkitab adalah Kalender Lunisolar’

  1. Kenapa bisa jumlah hari dalam 1 bulan bisa 29 juga 30, kenapa nda 30 aja, atau nda 29 ajah skalian.. kan jadi bigung kita juga. nah kalau di tanggal 30 itu kita ngapain dong? gimana menghitungnya setelah tanggal 30

    1. Semua waktu harus diperhitungkan dan Kalender Lunisolar Alkitab tidak meninggalkan waktu sedikitpun. Kalender Solar [matahari] dan kalender luni-solar [bulan-matahari] keduanya menggunakan rotasi matahari untuk menghitung tahun. Karena satu tahun matahari adalah 365,25 hari panjangnya, waktu tambahan diperhitungkan pada Kalender Masehi dengan menambahkan kedalamnya satu hari kabisat. “hari kabisat” itu adalah hari ke 29 pada bulan Februari dan terjadi setiap empat tahun. Pada kalender matahari, panjangnya bulan-bulan berlangsung terus dan tidak terhubung dengan apapun di alam. Tetapi kalender lunisolar yang Alkitabiah, dipihak lain, menggantungkan bulanannya pada siklus bulan dilangit. Sebuah bulanan, seperti tahun matahari, tidak terdiri dari angka bulat dan berisi 29,5 hari. Karena itu, beberapa bulan memiliki 29 hari dan bulan lain memiliki 30 hari.

      Bulanan yang terdiri dari 30 hari, hari ke 30-nya adalah sebuah hari “translasi”. Ini adalah istilah astronomi dan mengacu pada sebuah periode waktu. Ketika bulan di langit tidak dapat dilihat, sebelum siklus bulanan yang baru dimulai. Hari translasi itu muncul diantara hari Sabat terakhir diakhir bulan dan hari bulan baru pada bulan berikutnya. Ini bukanlah bagian dari sebuah minggu tetapi ini juga BUKAN sebuah hari “kosong”. Ini adalah sebuah tanggal dalam siklus bulanan. Ini adalah sebuah hari kerja biasa dan bukan hari Ibadah.

      1. di tanggal 30 ini saya masih belum bisa terima, kalau itu sudah terhitung masa kerja, berarti kita 7 hari dong kerja baru ber hari sabath. dengan logika berpikir menghitungnya, tangal 30 bekerja(1 kali), bulan baru, hari ke-2 bekerja(2 kali) , hari ke-3 bekerja(3 kali), hari ke-4 bekerja (4 kali), hari ke-5 bekerja(5 kali), hari ke-6 bekerja(6 kali), hari ke-7 bekerja(7 kali), hari ke-8 ber SABATH. dengan begini jadi sudah bertentangan dengan firman Tuhan dong yang mengatakan ” 6 hari bekerja, hari ke 7 berhenti. bagiamana itu?

      2. jika bulan sampai 30 hari, maka setelah tanggal 30 itu akan PASTI datang “hari bulan baru”, Alkitab menegaskan 3 jenis hari dalam sebuah bulan, dan 2 diantaranya adalah “hari ibadah” yaitu hari bulan baru dan hari Sabat, jadi KARENA hari bulan adalah sebuah hari ibadah MAKA tidak akan pernah terjadi ada 7 hari kerja sebelum hari ibadah berikutnya, Kalender lunisolar adalah kalender Alkitab sendiri jadi tidak mungkin bertentangan dengan hitungan mingguan Alkitab.

  2. nyatanya kan setelah kita hitung 7 hari kerja, yaitu 1 hari kerja dibulan lalu (ditangal 30) + 6 hari setelah bulan baru. kan 7 hari donk bekerja.

    1. Karena Hari Bulan Baru adalah hari ibadah menurut Alkitab maka kita akan menjadi salah jika kita menghitung seperti pak Bob, intinya tidak akan pernah ada 7 hari bekerja berurutan tanpa diselingi hari Ibadah, dan disinilah kita melihat keistimewaan kalender Alkitab yang telah menetapkan setiap tanggal 1 sebagai hari ibadah (yang diberi nama hari bulan baru).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s